image

foto: suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi

30 Januari 2018 | 06:53 WIB | Kuliner

Kolaborasikan Singkong dan Petis Ikan

  • Soto Sumenep Hotel Noormans

SEMARANG, suaramerdeka.com- Indonesia mempunyai kekayaan kuliner berbagai jenis masakan bergenre soto. Tiap daerah mempunyai ciri khas dan sensasi rasa yang berbeda. Ada yang menyegarkan,ada yang berempah kuat namun ada juga yang kental.

Untuk itu, tim De Jawi's resto Hotel Noormans Semarang mencoba untuk merangkum kekayaan varian soto tersebut dalam sajian menu Galery Soto Nusantara. Ada lima macam varian soto yang dipilih yaitu Soto Medan, Coto Makasar, Soto Betawi, Soto Kudus dan yang paling jadi andalan karena memang jarang adalah Soto Sumenep.

Menurut Executive Chef Andreas Indra Herlambang, Soto Sumenep mempunyai sensasi bahan yang beda dari varian soto kebanyakan. Keunikan Soto Sumenep terletak dari kolabrasi Singkong dan Sambal Petis Ikannya.

"Taugenya digoreng kering juga diberi irisan singkong rebus. Yang membuat orang ketagihan biasanya karena sambalnya terbuat dari petis ikan. Ini yang menjadi pembeda dari soto-soto Jawa Timuran seperti Soto Lamongan atau Soto Madura pada umumnya,"jelasnya kepada SM di De Jawi's resto Hotel Noormans Semarang Jl Teuku Umar Jatingaleh.

Soto Sumenep ini menurut chef Andreas disajikan dengan nasi hangat, tempe dan bergedel kentang serta jeruk sebagai penyedapnya. Selain itu, Soto Sumenep yang bernuansa coklat pekat kuahnya tersebut juga menggunakan kedelai yang ditaburkan di atasnya.

Selain Soto Sumenep, Coto Makasar serta Soto Kudus juga di sajikan seorisinil mungkin resepnya yaitu menggunakan daging kerbau. Sedang Soto Medan disajikan dengan daging ayam suwir yang sudah digoreng sehingga waktu dimakan menimbulkan sensasi tersendiri. Sementara Soto Betawi lebih mengedepankan kelezatan dari kekayaan rempah yang digunakan.

(Maulana M Fahmi /SMNetwork /CN26 )