22 Maret 2018 | Internasional

Boko Haram Bebaskan 101 Siswi yang Diculik

DAPCHI- Kelompok Boko Haram membebaskan 101 siswi dan mengembalikan mereka ke sebuah sekolah di Dapchi, Nigeria. Sebulan yang lalu, kelompok militan tersebut menculik 110 siswi dari sekolah tersebut. Para penculik tidak memberikan alasan mengenai pembebasan yang dilakukan pada Rabu (21/3) tersebut dan Pemerintah Nigeria membantah bahwa pihaknya telah memberikan uang tebusan untuk pembebasan itu.

Beberapa korban penculikan menuturkan, beberapa teman mereka meninggal di tempat penyekapan dan seorang masih ditahan. Boko Haram mengembalikan 101 siswi itu dengan menggunakan truk pada pagi hari. Setelah para siswi diturunkan semua, kelompok militan itu langsung pergi tanpa meninggalkan pesan apapun.

”Saya tidak tau mengapa mereka mengembalikan kami, tapi mereka pernah bilang karena kami adalah anak-anak orang muslim,” ujar salah seorang siswi bernama Khadija Grema. Boko Haram melancarkan pemberontakan selama sembilan tahun di wilayah timur laut Nigeria dan negara-negara sekitarnya.

Pemberontakan itu telah menewaskan puluhan ribu orang dan lebih dari 2 juta warga mengungsi. Penculikan 110 siswi berusia 11-19 tahun yang dilakukan pada 19 Februari itu merupakan kasus penculikan terbesar sejak Boko Haram menculik lebih dari 270 siswi dari Kota Chibok. Menteri Informasi Nigeria, Lai Mohammed, menyebutkan sejauh ini baru 76 siswi yang melaporkan sedangkan yang lainnya mungkin sudah kembali langsung ke rumah orang tuanya namun akan melapor kemudian.(rtr-sep-25)