18 Maret 2018 | Layar

Kabar Jawa Tengah

FEB Dorong Dosen Tingkatkan Penelitian

  • Hari : Selasa (20/3) Pukul: 11.00 WIB

Lantaranterinspirasi oleh prestasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Universitas Muhadi Setiabudi (UMS) Brebes ke Semarang untuk menimba ilmu di kampus swasta terbaik ketiga se-Indonesia ini.

Hal tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Udinus dengan UMS di ruang Rektorat Gedung G lantai 1 Udinus. ”Kami bersama-sama dengan Universitas Muhadi Setiabudi Brebes ingin memajukan pendidikan di daerah Brebes. Rencananya beberapa dosen mereka akan menimba ilmu di Udinus,” ujar Rektor Universitas Dian Nuswantoro Semarang Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom pada Rabu (3/3). Edi menuturkan, pendidikan di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Sementara itu, Udinus terus berupaya mencetak generasi muda yang berkualitas agar mampu bersaing di dunia kerja. Menurutnya, mengandeng universitas dari luar negeri maupun dalam negeri adalah salah satu cara agar Indonesia dapat maju dan lebih berkembang. ”Udinus terus menekankan kepada para mahasiswa kami agar tidak berhenti untuk berkarya dan berinovasi.

Hal tersebut akan menjadi bekal para mahasiswa dalam merancang usaha mandiri, sesuai tagline kami sebagai universitas yang mengedepankan kewirausahaan. Semoga Uidnus menjadi contoh yang baik bagi UMS Brebes ini,’’tuturnya. Ditambahkan Edi, pada 2017 Udinus telah menerima 3.573 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Sedangkan total mahasiswa telah mencapai angka sekitar 12 ribu mahasiswa dari lima fakultas yang ada di Udinus. ’’Angka tersebut menunjukkan jika Udinus menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin meningkatkan ilmu. Kami terus memacu kualitas kami agar seluruh program studi memiliki akreditasi A,’’imbuhnya. Sementara itu, Rektor UMUS Dr Robby Setiadi SKom MM menuturkan, kerja sama tersebut akan membantu kampusnya dalam meningkatkan kualitas, salah satunya adalah IT.

’’Usia universitas kami masih sangat muda, yakni lima tahun. Kami terus belajar dalam mengembangkan dunia pendidikan di Kabupaten Brebes, yang dirasa masih jauh tertinggal. Sebab, pendidikan menjadi satu alat utama dalam memajukan perekonomian dan sektor lainnya,’’ tuturnya. Robby juga sempat mengapresiasi E-Gamelanku yang diciptakan oleh Udinus. Menurutnya aplikasi tersebut sangat unik karena menggabungkan sisi kebudayaan dan teknologi. ’’Targetnya dosen kami dapat belajar di Udinus.

Karena nantinya akan berguna untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di universitas kami. Selain itu, kami kagum dengan karya-karya Udinus. Satu diantaranya E-Gamelanku. Kami berharap agar Udinus mampu menciptakan aplikasi yang berguna dalam melestarikan kebudayaan nusantara,’’pungkasnya. Jangan lewatkan tayangannya pada Senin (12/3) pukul 11.00 WIB dalam program Kabar Jawa Tengah.(Sofie-63)