15 Februari 2018 | Suara Banyumas

Tahun Ini Dibangun Tiga Selter PKL

PURWOKERTO- Pemkab Banyumas tahun ini akan membangun tiga selter pedagang kaki lima (PKL). Masing-masing di sekitar GOR Satria Purwokerto, Pasar Situmpur dan di Jalan Pancurwis, Purwokerto Selatan.

Kabid Pasar dan PKL Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag), Rojingun, mengatakan total anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 800 juta. Selter PKL GOR Satria dialokasikan anggaran Rp 400 juta dan masing-masing RP 200 juta untuk Pasar Situmpur dan Jalan Pancurawis. "Tahun ini kami merencanakan akan menambah lagi selter untuk PKL di tiga lokasi.

Saat ini sedang mematangkan perencanaan, kalau tidak ada halangan, paling cepat akhir Maret nanti kemungkinan pembangunan sudah bisa dimulai," katanya, kemarin. Dia menjelaskan selter PKL di sekitar GOR Satria akan dibangun di lahan eks TK Pembina. Selter tersebut menurut rencana akan dibangun dalam beberapa tahap, karena diperkirakan membutuhkan anggaran hingga Rp 1,2 miliar.

"Karena keterbatsan anggaran yang ada, tahun ini baru tahap pertama, pembangunan tahap berikutnya akan kami upayakan tahun depan. Tahun ini baru pengerjaan penyiapan lahannya dulu, pondasi dan pagar keliling kemungkinan," ujar dia. Sedangkan pembangunan selter PKL di Pasar Situmpur dan Jalan Pancurawis akan dibangun satu tahap.

Pembangunan di kedua lokasi tersebut tidak membutuhkan anggaran terlalu besar, karena merupakan bangunan sederhana. "Pasar Situmpur sifatnya hanya renovasi, agar tidak kelihatan kumuh. Bangunan akan kita mundurkan, kemudian bagian depan akan kami pasang semacam tarub untuk PKL. Yang di Pancurawis konsepnya seperti selter PKL di dekat Taman Satria Berkoh," jelas dia.

Dia mengatakan, selter PKL di sekitar GOR Satria diperkirakan dapat menampung hingga 50 PKL yang biasa berjualan di sekitar GOR. Adapun selter PKL di Pasar Situmpur dan Jalan Pancurawis diperuntukkan bagi PKL di sekitar lokasi tersebut. Berdasarkan data Dinperindag, pada 2017 lalu tercatat sedikitnya 2.071 PKL, di mana lebih dari 1.500 PKL berada di wilayah perkotaan. Jumlah tersebut terus meningkat setiap tahunnya sebanyak 5 persen.(fz-19)

Berita Lainnya