14 Februari 2018 | Suara Kedu

Keberadaan Pusat Informasi Proyek NYIA Dinilai Efektif

KULONPROGO- Keberadaan pusat informasi Help Desk proyek pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang dibentuk PT Angkasa Pura I dinilai efektif. Sejak dibuka Senin (5/2) lalu, setidaknya ada 14 warga atau pihak yang datang ke help desk untuk mempertanyakan berbagai persoalan maupun meminta informasi.

Supervisi Tim Help Desk Proyek NYIA PT Angkasa Pura I, Ariyadi Subagyo mengungkapkan, 14 pihak yang datang tersebut terdiri atas warga terdampak secara perorangan, kelompok warga, maupun dari instansi.

’’Keberadaan help desk ini cukup efektif. Dan PIC memang perlu jam terbang tinggi karena permasalahan dihadapi di luar konteks awal (lebih luasñRed) yang semula untuk membantu penyelesaian konsinyasi,’’ ungkapnya, kemarin.

Dalam menerima aduan berbagai permasalahan, Ariyadi mengatakan, pada prinsipnya help desk membantu semua permasalahan dihadapi warga, serta menampung semua usulan disampaikan warga terkait pembangunan bandara baru.

Sesuai dengan prosedur tetap (protap), help desk harus bisa memberikan respons paling lama tiga hari kerja. Permasalahan yang tidak perlu tindak lanjut akan langsung diselesaikan di help desk.

Sedangkan permasalahan yang membutuhkan kajian lebih dalam dan koordinasi interdep maka akan dikonsultasikan dengan instansi terkait. ’’Maksimum tiga hari harus sudah ada kejelasan. Paling tidak kejelasan tindak lanjutnya bagaimana, dan kami harus memberitahukan kepada warga,’’ imbuhnya.

Ariyadi menambahkan, saat ini tinggal tersisa 0,8 persen warga bertahan dan belum mau menyerahkan lahannya untuk dibebaskan guna pembangunan NYIA. Permasalahan yang muncul untuk penuntasan pembebasan lahan ini juga menjadi perhatian di tingkat pusat. (H87-45)

Berita Lainnya