image

SM/afp : Mohamed Salah

14 Februari 2018 | Olahraga

LAWAN SEPADAN

PORTO- Liverpool memperlihatkan permainan impresif pada musim ini. Tim asuhan Juergen Klopp menampilkan permainan menyerang dengan mengandalkan kecepatan. Namun, hal itu tak membuat FC Porto keder.

Tim asuhan Sergio Conceicao justru termotivasi untuk meredam The Reds pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Estadio do Dragao, Kamis (15/2) dini hari WIB.

Mengingat kualitas Hector Herrera dan kawan-kawan hampir sama dengan Jordan Henderson dan kolega. ”Liverpool adalah tim ofensif dengan pemain yang sangat bagus. Saya pikir mereka juga mencetak gol terbanyak kedua di babak penyisihan grup,” kata pelatih Porto Sergio Conceicao. ”Tapi Liverpool pasti juga memiliki kelemahan. Kami sudah mempersiapkan permainan terbaik sehingga ini akan mencerminkan citra Porto. Saya pikir, pertandingan ini bakal jadi salah satu yang paling seimbang di babak 16 besar Liga Champions,” imbuhnya.

Porto tengah dalam kepercayaan diri tinggi. Di kompetisi domestik, Si Naga memenangi tiga laga secara beruntun. Tim besutan Sergio Conceicao mengalahkan Braga 3-1 di liga, Sporting 1-0 di Piala Portugal, dan terakhir Chaves 4-0 di liga.

Tim Kuat

Selain itu, rekor kandang Porto melawan tim-tim Inggris juga bagus. Dari 17 laga lawan tim Inggris, mereka menang delapan kali, seri enam kali, dan kalah tiga kali. Namun, untuk menundukkan The Reds, tidak mudah. Dalam empat pertemuan dengan Liverpool, Porto tidak pernah menang.

Raksasa Portugal itu hanya meraih dua kali seri dan dipaksa menelan dua kekalahan. Porto kali pertama bertemu Liverpool pada perempat final UEFA Cup 2001. Hasilnya 0-0 di Portugal, dan kalah 0-2 oleh gol-gol Danny Murphy serta Michael Owen di Anfield. Porto kemudian bertemu dengan Liverpool di fase grup Liga Champions 2007. Mereka main 1-1 di kandang dan kalah 1-4 saat tandang. ”Porto adalah tim kuat, peringkat pertama di Liga Portugal dan selalu tampil oke. Musim ini mereka akan jadi lawan yang sulit. Mereka mampu lolos dari grup yang sulit dengan menyingkirkan Leipzig. Ini bakal sangat menarik,” ungkap pelatih Liverpool Juergen Klopp.

Rekor Liverpool dalam partai dua leg melawan tim-tim Portugal juga cukup bagus. Jordan Henderson dan kawan-kawan menang lima kali dan kalah dua kali.(rtr, H13-56)

Berita Lainnya