14 Februari 2018 | Olahraga

Pelti Persiapkan Wasit Terbaik

  • Porprov Jateng 2018

SEMARANG- Pengprov Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti) Jateng berjanji mengirimkan wasit terbaik untuk Porprov Jateng 2018 di Kota Surakarta, Oktober mendatang. Saat ini, Pelti Jateng tengah menggelar coaching clinic bagi pengadil agar maksimal dalam memimpin pertandingan.

Cabang olahraga tenis sendiri akan digelar di Lapangan Manahan Solo. ”Kami ingin kualitas pertandingan di Porprov nanti baik. Sebab, ini merupakan ajang pembinaan bagi petenis Jateng yang diproyeksikan untuk ajang yang lebih tinggi seperti PON XX Papua 2020 nanti. Kualitas pertandingan, sangat ditentukan dengan kepemimpina wasit di lapangan,’’ tutur Sekretaris Umum Pelti Jateng Rahmawan Pri Basuki di Semarang, Selasa (13/2).

Pelatihan itu, lanjutnya, agar wasit lebih menguasai peraturan pertandingan lebih mendalam. Untuk meminimalkan kesalahan saat memimpin. Karena itu, wasit harus benar-benar jeli. Selain itu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti protes. Wasit harus menguasai aturan agar menjadi alasan yang kuat dalam setiap keputusan. ”Selain wasit berlisensi nasional, kami juga mempersiapkan wasit berlisensi daerah. Untuk kebutuhan wasit sendiri sekitar 19 orang. Ini berdasar jumlah lapangan yang ada di Manahan Solo yakni sembilan lapangan. Sekitar sebulan jelang Porprov kami juga kembali menyelenggarakan penyegaran wasit,” papar Rahmawan.

Untuk tenis sendiri akan diikuti delapan regu dari delapan daerah termasuk tuan rumah Solo. Rahmawan menegaskan, Porprov nanti sebagai langkah pertama mempersiapkan pemain untuk PON mendatang. Pihaknya terus mendorong pemain Jateng untuk meningkatkan Peringkat Nasional Pelti (PNP). Sebab, salah satu syarat kelolosan PON nanti adalah PNP. ”Kami semaksimal mungkin mempersiapkan Porprov. Yang pasti, kami ingin kualitas laga di ajang multicabang empat tahunan itu semakin meningkat,” tandasnya.( H85,mam-64)

Berita Lainnya