14 Februari 2018 | Solo Metro

Paralayang Solo Ikuti Berbagai Kejuaraan

  • Persiapan Porprov Jateng 2018

SOLO - Tim paralayang Solo akan mengikuti sejumlah kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional selama 2018. Selain itu juga akan mengikuti Pekan Olahrag Provinsi (Porprov) Jateng. ”Jadwal kejuaraan paralayang tahun 2018 ini sudah keluar. Ada sejumlah kejuraan yang akan kami ikuti,” kata Ketua Pengkot Paralayang Solo, Dewanto Basuhendro, kemarin.

Ada sekitar 18 agenda kejuaraan baik tingkat nasional atau internasional. Dari jumlah itu ada yang menjadi prioritas akan diikuti, khususnya di nomer yang akan dipertandingan di Porprov nanti di akurasi. Itu seperti, KASAU Cup di Yogyakarta (Maret), Trip of Indonesia (Troi) Series 1, 2, 3, dan 4, National Championship Tetempangan di Manado (Juli), PGWAC series 3 di Batu, Malang (Juli). Lalu Indonesia Open & National Camp di Jawa Barat (September), Wonosobo PG Open (September). ”Ini try out atlet untuk persiapan turun di Porprov nanti. Jadi menguji kesiapan atlet sejauh ini seperti apa,” ungkap dia.

Ada empat atlet yang akan turun di kejuaraan tersebut. Selain Hendro, tiga lainnya yakni Nyoman Tri Aryadi Dirga, Muh. Apriantyo, dan Hanifah Isnawati. Namun akan difokuskan pada atlet junior, yakni Muh. Oktapriantyo, dan Hanifah Isnawati untuk mengasah mental dan menambah jam terbang mereka berdua. ”Kami akan konsentrasi di dua atlet junior agar lebih matang lagi. Apalagi dari kejuaraan yang keluar itu, ada yang tidak boleh diikuti oleh atlet junior dan itu menunggu undangan resmi,” jelasnya.

Saat ini atlet paralayang masih belum maksimal untuk latihan. Sebab, terhambat dengan kondisi cuaca buruk yang sering terjadi di wilayah eks Karesidenan Surakarta. Kendati cuaca bagus tapi saat berangkat ke lokasi latihan di Perbukitan Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar ternyata kecepatan anginya tidak menentu akhirnya pulang lagi. ”Ini jelas menghambat persiapan atlet untuk porprov dan kejuaraan yang akan diikuti. Kalau ada kesempatan kami naik tapi disana juga lihat kondisi angin, sebagai gantinya latihan fisik di maksimal tapi secara mandiri, ini sambil menunggu kondisi cuaca bagus,” sambungnya.

Ditambahkan, di porprov nanti paralayang akan turun di nomor ketepatan mendarat, tandem, lintas alam jarak terbatas dan terbuka. ”Untuk target kami ingin tampil bagus dan memberikan yang terbaik,” tutur dia.(wel-20)

Berita Lainnya