image

SM/Irawan AAryanto - PERLIHATKAN NOMORURUT: Pasangan cagubcawagub Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziah memperlihatkan nomor urut masing-masing dalam acara pengundian nomor urut di Hotel Patra Semarang, Selasa (13/2). Ganjar-Yasin mendapat nomor urut satu, dan Sudirman-Ida nomor urut dua.(24)

14 Februari 2018 | Berita Utama

Ganjar-Yasin 1, Sudirman-Ida 2

  • Undian Diwarnai Keributan Pendukung

SEMARANG- Dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur mengikuti pengundian nomor urut Pilgub Jateng. Proses pengundian dilaksanakan usai rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Joko Purnomo di Hotel Patra Jasa Semarang, Selasa (13/2) malam. Ganjar Pranowo-Taj Yasin mendapatkan nomor urut 1. Adapun Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh nomor urut 2.

Selain dihadiri kedua pasang calon, hadir pimpinan masing-masing partai politik pengusung serta KPU dan Bawaslu. Kegiatan diawali pembacaan doa oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng KH Ahmad Daroji. Usai pengundian nomor urut tersebut, Sudirman mengatakan, pihaknya dari awal sudah punya feeling akan memperoleh nomor urut dua.

Dia mengartikannya sebagai bagian dari bendera negara yang terdapat dua warna, yakni merah dan putih. "Nomor dua dalam butir Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. Msaka tugas kami membawa Jateng untuk adil dan beradab," kata Sudirman. Senada dengan Sudirman, Ida Fauziyah menyatakan, sudah menduga akan memperoleh nomor urut dua. Nomor tersebut dianggap Ida sebagai penuh keberuntungan.

"Nomor dua adalah nomor keberuntungan. Pilgub merupakan pesta demokrasi seluruh masyarakat Jateng," ujarnya. Adapun petahana Ganjar Pranowo mengemukakan, pihaknya akan mengajak semua pemangku kepentingan, termasuk Sudirman- Ida untuk bergandengan tangan dan bersamasama menyukseskan Pilgub Jateng 2018. Taj Yasin mengatakan, angka satu dia yakini akan menjadikannya nomor satu dalam pertarungan Pilgub Jateng ini.

"Dengan angka satu, kami menjadi nomor satu," imbuhnya. Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengatakan, pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 pada 27 Juni mendatang diharapkan akan berlangsung aman dan berintegritas. "Mari kita jadikan Pilgub Jateng ini sebagai proses demokrasi yang baik, aman, tenang dan berintegritas," jelasnya. Ganjar-Taj Yasin diusung PDIP, Nasdem, Demokrat, PPP, dan Golkar. Adapun Sudirman- Ida diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PKB.

Sekjen DPPPAN Eddy Soeparno yang turut hadir pada kesempatan ini menyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera menyosialisasikan Sudirman-Ida hingga ke tingkat desa. Dia meyakini, mesin partai koalisi di Jateng solid untuk memenangkan pasangan tersebut. "Kami akan roadshowdi Jateng.

Seluruh ranting sampai kelurahan akan bergerak. Kami juga berharap partai koalisi yang lain mendukung dan melakukan hal yang sama, dengan melakukan penetrasi sampai unit terkecil," imbuhnya. Ketua DPW PPP Jawa Tengah Masruhan Samsurie menilai nomor urut satu yang diperoleh Ganjar-Yasin memberikan keuntungan. Pertama, mudah diingat karena urutan satu.

Alasan kedua, filosofi nomor satu identik dengan kemenangan. Namun hak itu haruslah didukung oleh kinerja partai koalisi yang solid. Pihaknya akan fokus menyatukan suara kalangan santri kultural dan kaum nahdliyin pecinta Gusdur. "Insya Allah nomor 1 memudahkan untuk menyambut kemenangan," ujar Masruhan. Ketua Harian Golkar Jawa Tengah Iqbal Wibisono mengatakan hal yang sama. Pihaknya juga akan menerjunkan kader-kader di lapangan untuk menyosialisasikan pasangan yang diusung.

Di luar ruangan pengundian, dua kubu pendukung pasangan calon Sudirman Said-Ida Fauziyah dan Ganjar Pranowo-Taj Yasin sempat terlibat keributan. Kejadian tersebut bermula saat kedua kubu saling meneriakkan yel dukungan. Keadaan bertambah panas saat nyanyian pendukung berubah menjadi saling ejek.

Sebagian dari mereka merangsek dan saling dorong meski posisi mereka terpisah.† Situasi semakin ricuh saat massa saling dorong dan berhadapan langsung. Sebelum keadaan bertambah parah, aparat menembakkan gas air mata. Massa yang sempat berkerumun pun langsung kocar-kacir dan menyelamatkan diri.† Ketegangan tersebut berlangsung selama sekitar 20 menit.

Keadaan mereda setelah polisi turun tangan dan menjaga pintu masuk lebih ketat dan mengerahkan pasukan lebih banyak. Selain itu, satgas partai juga menenangkan massa.(G2,ftp,H81,H74-39)

Berita Lainnya