image

Cristiano Ronaldo

14 Februari 2018 | Berita Utama

Final Kepagian di Santiago Bernabeu

MADRID- Duel dua klub raksasa Eropa bakal tersaji pada babak 16 besar Liga Champions 2018. Real Madrid akan kedatangan Paris Saint-Germain di Santiago Bernabeu, Kamis (15/2) dini hari WIB. Pertemuan dua klub kaya tersebut seperti final. Mengingat kedua klub dipenuhi pemain terbaik dunia.

Di kubu Los Blancos ada peraih lima Ballon d'Or Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema. Adapun tim tamu diperkuat trio andal yang terdiri atas pemain termahal di dunia Neymar, pemain muda berbakat Kylian Mbappe, dan Edinson Cavani. Meski performa Madrid belakangan ini kurang bagus, namun pertandingan nanti diyakini tetap akan seru dan menarik.

Anakanak asuhan Zinedine Zidane tidak terkalahkan dalam 17 laga kandang. Selain itu, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan punya DNA juara Liga Champions. Buktinya, mereka sukses meraih trofi Si Kuping Besar dua kali beruntun pada 2016 dan 2017.

"Kami akan menjadi fokus dunia karena laga yang akan dimainkan. Kami akan menikmati kesempatan ini," ucap pelatih PSG, Unai Emery. "Ini adalah sebuah pertandingan, yang mungkin saja bisa menjadi sebuah laga final.

Dua tim memiliki kekuatan finansial yang bagus dan pemain dengan bakat hebat. Sebuah tantangan yang sangat bagus," sambung Emery. PSG datang ke Santiago Bernabeu dengan penuh percaya diri. Sebab, Edinson Cavani dan kawan-kawan kini sedang berada dalam top performanya. Mereka tampil sangat bagus di Ligue 1 dan memuncaki klasemen dengan nilai 65 dari 25 laga.

Selain itu, Les Parisien juga selalu menang dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi. Di fase grup Liga Champions, anakanak asuhan Unai Emery ini meraih hasil bagus dengan memenangi lima laga dan hanya sekali kalah. Total 25 gol dilesakkan di fase grup yang membuat mereka menjadi tim paling produktif.

Catatan itu membuat para pemain PSG optimistis bisa mengalahkan Madrid. "Kamu tahu itu akan menjadi pertandingan yang sulit. Para pemain Real Madrid sudah bermain bersama selama bertahun-tahun dan mempunyai mimpi untuk meraih gelar ketiga beruntun," kata bintang PSG, Neymar. "Tapi, saya tahu bahwa kami bisa mengalahkan mereka. Kami ingin membuat sejarah dan kami akan melakukan segalanya untuk mengalahkan mereka," sambung mantan bintang Barcelona itu.

Tak Gentar

Melihat penampilan PSG musim ini yang terus meningkat, pelatih Madrid, Zinedine Zidane, tidak gentar. Pelatih asal Prancis ini justru yakin anak-anak asuhannya menjadi semakin antusias untuk menaklukkan PSG. Cristiano Ronaldo dan kolega siap memberikan segalanya untuk meraih kemenangan. Hasil maksimal itu sangat penting bagi Madrid untuk meningkatkan kepercayaan diri pemain.

"PSG adalah tim dengan penampilan baru. Setiap musim mereka selalu memperbaiki diri. Saya tidak terkejut jika mereka mengalami musim yang luar biasa," ucap Zidane. "Kami harus memenangi permainan, kami semua tahu itu dan tidak lebih. Kami bisa melakukan beberapa hal dengan baik. Tapi, pada akhirnya yang dicari tetaplah sebuah kemenangan. Pilihannya, Anda menang atau dikritik," imbuhnya. Los Blancos belakangan memetik hasilhasil mengecewakan.

Dalam enam pertandingan terakhir, mereka memetik empat kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah. Bernabeu pun tak lagi angker bagi tim tamu. Musim ini, mereka sudah tiga kali takluk di depan pendukungnya, yakni dilumat Barcelona 0-3, kalah 0-1 dari Villarreal, lalu dibungkam Leganes 1-2. Meski demikian, gairah dan antusias Ronaldo dan kawan-kawan kembali membuncah pada laga terakhir mereka. Kemenangan 5-2 atas Real Sociedad mengembalikan kepercayaan diri para pemain Los Blancos, khususnya Ronaldo.

Di laga itu, pemain asal Spanyol tersebut mencetak hattrick. Hal ini jadi warning bagi PSG bahwa Ronaldo sudah kembali tajam. Dalam empat pertandingan terakhir, kapten timnas Portugal ini sukses mencetak tujuh gol.

Di Liga Champions musim ini, pemain 33 tahun itu juga menjadi yang tertajam dengan torehan sembilan gol. Total, dia sudah mencetak 114 gol di Liga Champions. Itu membuat dirinya menjadi pemain tertajam sepanjang sejarah Liga Champions. Peluang Madrid memenangi laga ini juga cukup terbuka. Dalam enam pertemuan terakhir dengan PSG di semua ajang, El Real menang tiga kali, sekali seri, dan sekali kalah.(rtr, H13-56)

Berita Lainnya