image
11 Februari 2018 | Her Spirit

Veronika Hung

Inspirasi Bisnis dari Singapura

Banyak hal yang dapat dipetik dalam sebuah perjalanan. Pengalaman, kenangan, cerita yang nantinya dapat dibagikan dan tentu saja inspirasi. Begitulah Veronika Hung menemukan inspirasi bisnis saat ia berjalan-jalan ke Singapura.

Gadis yang kerap disapa Vero ini nekat memulai bisnis di bidang kuliner usai menjajal makanan yang sedang populer di Singapura, yakni salted egg chicken atau ayam dengan saus telur asin. Merasa cocok dengan rasa yang ditawarkan, Vero lantas mencoba memasak makanan yang sama setelah tiba di Indonesia.

Meski tidak memiliki latar belakang di bidang kuliner, Vero ditemani sang adik mantap untuk membuka resto mungil yang menyajikan salted egg chicken sebagai menu utama. "Bisnis ini saya dirikan bersama adik, Patricia Hung.

Kami berdua terinspirasi membuat salted egg chicken ketika berjalan-jalan ke Singapura dan mencoba makanan yang sedang digandrungi di sana," kata Vero memulai Vero. Awalnya Vero dan sang adik hanya menawarkan menu buatannya melalui media daring dengan sistem pre-order.

Namun karena semakin banyak peminat dan makin banyak pula keluhan terkait ongkos kirim yang harus ditanggung pembeli, Vero lantas memutuskan membuka sebuah resto fisik. "Awalnya hanya iseng mencoba-coba resep dan buka PO setiap minggu.

Namun karena banyaknya peminat dan beberapa pelanggan mempermasalahkan besarnya biaya ongkos kirim, maka saya memutuskan untuk membuka sebuah tempat di tengah Kota Semarang," tutur perempuan penyuka warna biru ini.

Puaskan Pelanggan

Kendala utama saat membuka sebuah resto adalah modal. Sebelumnya, lulusan fashion design ini telah malang melintang di bisnis busana. Keuntungan yang selama ini Vero dapatkan dari berjualan pakaian ia pergunakan untuk memulai langkah kecil membangun mimpi besarnya, yakni membuka sebuah resto untuk masakan kesukaannya.

"Untuk masalah modal, saya menggunakan keuntungan dari bisnis saya sebelumnya di bidang fashion ready to wear.

Saya pergunakan uang itu untuk membeli segala macam hal yang diperlukan untuk membuka sebuah restoran fisik yang saya namakan Sachi," kenang anak pertama dari tiga bersaudara ini senang. Antusias Vero ternyata menular kepada para pelanggan.

Ia kerap mendapat respon positif dari pelanggan soal chicken salted egg buatannya. Perempuan yang gemar berdandan ini menyatakan bahwa dirinya sangat bahagia ketika makanan buatannya dapat membuat orang lain bahagia.

"Hal yang paling membuat saya senang adalah ketika Sachi dapat membangkitkan semangat dan keceriaan dari setiap orang yang memakan menumenu Sachi. Respon positif yang mereka berikan membuat saya sangat senang dan semakin ingin memuaskan pelanggan," ujar Vero. (58)

Teks:Tiara Dhaneswari
Foto dan Busana: Veronica Hung

Berita Lainnya