image

Foto: Tim SMA 2 Semarang - INSPIRATOR ZAMAN NOW : (Dari kiri ke kanan) Shafa, Vina, Bagas, dan guru pembimbing, Ibu Tatit.

10 Februari 2018 | Hello Kampus

Limbah Jagung Bisa Jadi Tisu Mewah lho...

Siapa sih yang nggak kenal tanaman jagung? Pasti sudah kenal banget dong sama tanaman satu ini. Selain jagungnya dapat diolah sebagai makanan yahud, ternyata kulitnya yang biasanya dibuang dan hanya menjadi limbah, siapa sangka bisa menjadi tisu ramah lingkungan di tangan tiga siswa SMANDA.

Siswa yang akrab dipanggil Bagas, Shafa, dan Vina mengubah limbah kulit jagung menjadi tisu ramah lingkungan. Ide ini muncul dari kepekaan Bagas pada limbah kulit jagung yang menumpuk di dekat rumahnya dan ditambah lagi dengan ajakan Shafa untuk mengikuti lomba.

Lalu keduanya merekrut Vina untuk join bareng, dan jadilah mereka mantap untuk mulai melakukan penelitian. Dalam pembuatannya, mereka menggunakan NaOH, Aquades, Minyak VCO, tepung tapioka, aroma essence, dan alkohol.

Saat ditanya kesulitan apa yang mereka temui,mereka menjawab, ”Yang sulit sih cetakannya dan kita belum menemukan komposisi yang pas. Sebenarnya kita udah pasrah banget pas belum menemukan komposisi yang bagus. Ditambah lagi deadline lomba kurang dari sehari. Akhirnya percobaan kita berhasil dari 10 kali percobaan yang gagal dilakukan.”

Dibantu doa dari orang tua serta bimbingan Ibu Tatit Novi Sahara SPd MSi M Nat Sci sebagai guru pembimbing, serta kegigihan ketiganya dalam bereksperimen, mereka berhasil menjuarai dua dari tiga lomba yang diikuti. Juara yang mereka dapat adalah Juara 2 Science Fair 2017 di Unimus tingkat nasional dan Juara 1 Krenova Kota Semarang 2017.

Dari hasil temuan tersebut, mereka berharap dapat mengurangi penebangan pohon untuk bahan baku pembuatan tisu, Selain itu, mereka juga berharap masyarakat lebih bisa mengolah limbah menjadi barang yang bermanfaat, seperti tisu ini. ”Dan jika kalian punya ide, jangan takut buat ngembangin serta lebih peka pada lingkungan sekitar aja,” kata Bagas.

Prisma Tia Ningrum
SMANegeri 2 Semarang

Berita Lainnya