04 Februari 2018 | Jalan-jalan

Spot Fotogenik Haji Lane

SELAINMasjid Sultan dan Malay Heritage Centre, lokasi menarik lain di Kampong Glam adalah kawasan Haji Lane. Itulah pusat pakaian dan tekstil di Singapura. Haji Lane berdiri tahun 1950-an. Desainer lokal dan pengusaha muda menyewa tempat itu untuk menjalankan bisnis butik kuno dengan pakaian modis dan produk desain Singapura. Kawasan Haji Lane memiliki beberapa lorong yang semua diisi jajaran toko dan tempat makan.

Suasananya berbeda dari Orchard Road yang sudah terlalu mainstream. Selain butik dan tempat makan yang eye catching, salah satu yang menarik perhatian wisatawan di kawasan itu adalah mural yang bisa menjadi objek foto menarik.

Tak heran, banyak yang datang hanya untuk berfoto-foto. Di sepanjang lorong pertokoan itu terdapat beberapa butik dan kafe. Dinding bangunan dipercantik dengan mural penuh warna keren. Setidaknya foto di lorong pertokoan di Haji Lane memberikan gambar di Singapura yang berbeda.

Sebab, umumnya orang berfoto berlatar Marina Bay Sands, patung singa merlion, atau bola dunia berputar di depan Universal Studio. Mural paling mencolok dan gampang dijadikan latar foto berada di depan restoran Piedra Negra, di ujung Haji Lane yang mendekati Beach Road.

Ada juga mural girl with lion cub yang menggambarkan anak perempuan memeluk anak singa. Mural itu sangat besar, sehingga cukup sulit jika kita ingin mengambil foto penuh. Lokasinya di ujung Jalan Pisang, di sisi yang sudah masuk Victoria Street, tak jauh dari Artistry Cafe. Ada juga mural coffee story. Mural itu sangat tepat karena berada di sisi tembok coffee shopARC.

Di lukisan itu terlihat beberapa jenis penyajian kopi, antara lain kopitiam style yang berkesan lebih tradisional. Di sebelahnya ada metode pengolahan kopi secara modern dari roasting sampai latte art. Di ujung lain ada lukisan proses pembuatan teh tarik. Ada juga mural satay club & Kampong Gelam. Jika lewat Jalan Sungai, ada mural berwarna cerah dan lumayan besar. Pelukis mural itu sama dengan di depan ARC, yaitu Yip Yew Chong.

Mural itu berada tepat di depan Hotel Nuve. Ada dua tema lukisa. Satu bercerita tentang keluarga yang sedang makan sate, di sebelahnya ada mural tukang sate. Ada pula mural treehouse di sekitar Jalan Sultan, dekat persimpangan Beach Road.(44)

Berita Lainnya