image
04 Februari 2018 | Ikapesta

Foto Kilat di Momen Spesial

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Semakin tinggi perkembangan zaman, semakin banyak pula melahirkan hal-hal istimewa. Salah satunya perkembangan metode-metode unik untuk mengabadikan momen-momen istimewa.

Jika dahulu seseorang harus menunggu hasil cetak foto dalam selang waktu cukup lama, kini ada cara untuk mempersingkat waktu demi mendapatkan hasil cetak kilat. Photobooth adalah jenis foto yang kini sedang tren di kalangan masyarakat dengan mengunggulkan kecepatan dan latar belakang foto yang beragam. Dengan demikian, para tamu undangan dapat langsung membawa jepretan kenangan pada hari berlangsungnya acara sebagai suvenir.

Foto yang dihasilkan pun tak monoton, karena memiliki latar belakang beraneka rupa, item pendukung foto yang unik seperti kacamata, kumis, topi atau tulisan-tulisan lucu. Hasil jadi pun dapat diedit dengan layout menarik. Ramainya permintaan pengadaan stan photobooth di setiap acara seperti pernikahan, pesta ulang tahun, perkumpulan kantor, dan acara besar lain membuat makin banyak vendor photobooth di Indonesia, khususnya di Semarang.

Berniat berbagi hal tentang foto unik ini, tiga pemilik vendor photobooth siap membeberkan terkait stan foto unik. Indri, pemilik vendor Facebooth yang berada di Sembodro 3c No 3 Pondok Indraprasta Semarang ini menuturkan, photobooth adalah media baru yang dapat mengabadikan momen spesial dengan cara instan.

”Photobooth merupakan media untuk mengabadikan momen-momen istimewa di suatu perayaan secara instan. Disebut instan karena teman-teman dapat bergaya di depan kamera, selanjutnya dilakukan pengambilan gambar dan dalam waktu 15 detik saja foto tersebut langsung jadi,” jelas Indiri yang juga menyediakan selfie box. Selfie box, ungkap Indri, adalah cara pengambilan gambar yang diambil tanpa menggunakan fotografer. Tamu undangan dapat berekspresi sesuka hati dengan layar dan kamera yang sudah disediakan di dalam box. ”Selfie box ini tidak menggunakan fotografer. Tamu undangan dapat bergaya layaknya swafoto di kamera telepon genggam.

Di dalam box ada layar dan kamera yang siap mengabadikan ekspresi dari tamu undangan. Hasil cetaknya akan berupa foto 4R atau berupa strip foto,” beber pemegang akun instagram @faceboothsmg ini. Tak hanya itu, era digital yang makin berkembang dimanfaatkan oleh Indri untuk mengembangkan technology background greenscree yang dapat menciptakan latar belakang foto digital dan menggantinya sesuka hati. Indri turut menyarankan kiat agar klien tak kecewa dalam memilih vendor photobooth.

”Dalam mencari vendor photobooth pastikan vendor itu porfesional dan berpengalaman di bidang photobooth, bukan hanya di bidang fotografi. Jangan memilih asal murah, namun ternyata hasilnya tidak bagus,” saran Indri.

Portofolio Penting

Di tempat lain, ada Yustian Kurnia Wijaya, pemilik Sky Photobooth yang berada di Jalan Sultan Agung 178ASemarang sejak 2015 ini turut berbagi pengetahuan tentang fenomena photobooth. ”Yang membedakan photobooth dengan foto biasa adalah hasil foto dapat dicetak secara langsung dan dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dalam sebuah acara,” ungkap Yustian.

Dia menambahkan, vendornya juga menyediakan desain border eksklusif yang berbeda untuk setiap klien, sehingga akan memberikan kesan spesial pada setiap tamu undangan yang hadir. ”Kami menyediakan exclusive design border foto unik untuk setiap klien yang selalu baru dan tidak pernah sama. Pilihan paper frame yang beraneka ragam, properti lucu dan monitor untuk menampilkan hasil foto serta memastikan kecepatan cetak kurang lebih 10 detik saja,” ungkap pemilik akun facebook skyphotobooth.official ini.

Berharap klien mendapatkan hasil maksimal, Yustian menyarankan agar klien selalu memperhatikan dan menilai portofolio setiap vendor di facebookatau instagram agar mendapat gambaran konsep setiap vendor.

”Pilihlah photobooth berpengalaman dan bisa memberikan hasil foto yang bagus dengan cara melihat hasil portofolio di facebook atau instagram.” Sementara Lollipop Photobooth yang diwakili oleh sang pemilik Yenni Kumalasari ini juga tak mau kalah dalam berbagi hal tentang photobooth. Yenni membeberkan kelebihan photobooth dibandingkan dengan foto biasa.

”Selain dapat dibawa pulang dalam hitungan detik, hasil foto juga dapat diberi keterangan acara yang bisa didapatkan lewat background di hasil foto,” tutur pemilik instagram @lollipopphotobooth ini. Vendor yang berada di Jalan Bukit Anyelir 14 Griya Bukit Mas Semarang ini menghasilkan foto cetak berupa foto 4R, 6R, strip, 3D, square, dan photobox.

Yenni menambahkan, Lollipop mengutamakan kualitas warna dalam setiap foto. ”Photobooth tidak melalui proses editing, sehingga harus sesuai antara hasil foto di layar dengan hasil cetakan. Selain itu kien sebaiknya percaya bahwa ada harga ada barang. Karena banyak vendor yang menawarkan harga murah namun hasil akhirnya mengecewakan,” tutup Yenni yang sudah enam tahun bergelut di bidang photobooth dan telah menuai banyak decak kagum dari para kliennya.(58)

Berita Lainnya