13 Januari 2018 | Suara Muria

KMC Komando Disiagakan untuk Penanganan Bencana

JEPARA- Pangkalan Kompi Air Kodam Diponegoro yang sebelumnya berada di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dipindahkan ke Jepara. Dengan armada yang ada, keberadaan pangkalan ini bermanfaat bagi Kota Ukir, khususnya dalam penanganan bencana yang terjadi di lautan.

Komandan Pembekalan Angkutan Kodam IV/Diponegoro Kolonel Eko Nur Santo menjelaskan, selama ini Kompi Air meminjam tempat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Namun kapalkapal milik Kompi Air berada di Makodam IV/Diponegoro. Hal ini tak efektif karena antara pangkalan dengan lokasi kapal terpisah.

"Kalau ada sesuatu memang agak butuh waktu. Tapi kalau di sini (Jepara) pangkalan dan kapal jadi satu," terang Eko. Di Jepara, Pangkalan Kompi Air berada di Pantai Sekembu di Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kota.

Selain perahu patroli, pangkalan kompi air dilengkapi dengan Kapal Motor Cepat (KMC) Komando. Eko mengatakan, kapal ini antiterbalik serta mampu menembus ombak setinggi empat meter dengan kecepatan angin 25 knot.

Sehingga hal ini akan membantu masyarakat saat penyeberangkan Jepara-Karimunjawa terkendala ombak besar. Selain itu juga untuk antisipasi jika terjadi bencana. "Kapal ini disiapkan untuk itu," tegasnya.

Dijelaskan, KMC Komando memiliki kapasitas penumpang sebanyak 33 orang. Kapal dirakit sedemikian rupa sehingga juga bisa digunakan untuk mengangkut bahan pangan kebutuhan pokok. Sementara itu, di Pangkalan Kompi Air disiagakan satu kompi personel yang siap melayani dan membantu masyarakat.(adp-48)