13 Januari 2018 | Suara Kedu

Kedungrong Jadi Objek Penelitian

YOGYAKARTA- Kedungrong, salah satu dusun di Kabupaten Kulon Progo, DIY, mendapat perhatian khusus dari peserta Huddersfield Business School Research Conference di Inggris. Dusun ini memiliki program pembangunan energi baru terbarukan khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Karena itu Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan University of Huddersfield (UoH) mendalami proses komunikasi pembangunan PLTMH di Kedungrong. Salah satu bagian penting dalam penelitian tersebut akan dipresentasikan di depan peserta konferensi lintas benua.

Para peserta yang hadir merespon dengan sangat antusias. Dosen dan peneliti Arum Yudarwati menjelaskan, dalam kerja sama kali ini, UAJY diwakili dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yaitu Ninik Sri Rejeki, F Anita Herawati, Pupung Arifin, Lukas Deni Setiawan MA, Ign Agus Putranto MSi dan Ina Nur Ratriyana.

”Dalam konferensi tersebut, UAJY menjadi tamu undangan khusus, diterima oleh Vice-Chancellor and Chief Executive of UoH, Prof Bob Cryan dan disambut oleh Dean of Business School, Prof Jill Johnes. Kedua kampus sedang berkolaborasi dalam skema penelitian Newton Fund Institutional Link (NFIL) British Council,” katanya.

Arum mewakili tim peneliti mengatakan, mereka memfokuskan presentasi pada pengalaman mengimplementasikan Appreciative Inquiry (AI) sebagai metode penelitian. Pendekatan AI yang berasal dari negara barat, menjadi tantangan ketika diterapkan di Indonesia.

”Pendekatan storytelling dalam AI ternyata sejalan dengan tradisi oral masyarakat Indonesia, dan mampu menggali orientasi positif ke depan. Selain itu, AI juga mampu mendorong masyarakat Kedungrong untuk mempersiapkan diri memanfaatkan potensi dari PLTMH secara optimal,” katanya.

Kerja sama penelitian menurut Arum telah berlangsung selama dua tahun dengan berbagai hasil yang bermanfaat untuk kedua belah pihak. ”Kerja sama bisa saja akan berlanjut dengan materi-materi yang lebih banyak agar kedua pihak mendapat manfaat dari berbagai penelitian ini,” imbuhnya.(D19-70)

Berita Lainnya


SMCETAK TERKINI