13 Januari 2018 | Hukum

Wuryanti Beberkan Kekayaan Fantastis

  • Sidang Suap Auditor BPK

JAKARTA- Tim Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi menghadirkan Wuryanti untuk bersaksi pada persidangan dengan terdakwa Auditor Utama Keuangan Negara III Badan Pemeriksa Keuangan Rochmadi Saptogiri. Istri auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Sadli itu akhirnya membeberkan dan mengakui kekayaan yang fantastis dibanding gaji suaminya per bulan.

Pada awal persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat (12/1) itu, semula Wuryanti tidak mau menjawab pertanyaan Majelis Hakim soal mobil-mobil mewah milik suaminya.

Menurut dia, hal itu tidak berkaitan dengan perkara yang menimpa Rochmadi. ‘’Mohon izin yang mulia, saya tidak menjawab pertanyaan ini. Sebab ini lebih ke arah suami saya dari pada Bapak Rochmadi,’’kata Wuryanti. Jaksa KPK kemudian mengonfirmasi Wuryanti.

Dia akhirnya menjawab mengenai mobil-mobil mewah milik suaminya yang berada di rumah. Beberapa mobil mewah diakui oleh Wuryanti, yakni Mercedes Benz, Toyota Fortuner, Honda CRV, Rubicon, dan Mini Cooper.

‘’Tempat parkir muat 2-3 mobil. Namun karena jalanan besar, jadi muat beberapa mobil,’’kata Wuryanti. Selain itu, Wuryanti juga mengakui bahwa di rumahnya pernah diparkir Honda Odyssey. Menurut Wuryanti, suaminya memberitahu bahwa mobil baru tersebut adalah mobil yang dibeli Rochmadi Saptogiri.

Wuryanti Yustianti mengakui, gaji suami hanya Rp 15 juta/bulan. Namun suaminya memiliki bisnis angkot. ‘’Tadi Saudara menerangkan, terkait pertanyaan Yang Mulia ada gaji per bulan antara Rp 10-15 juta.

Ada tambahan juga Rp 3-5 juta. Kalau gaji suami seluruhnya Anda tahu?” tanya jaksa kepada Wuryanti. ‘’Secara pasti, saya kurang tahu,’’jawab Wuryanti. Jaksa menanyakan soal sumber pendapat lain dari Ali.

Wuryanti menyebut ada usaha angkot yang sudah dimiliki sejak 2005. ‘’Kami punya angkot. Pendapatan dari angkot bapak yang pegang. Sebelum-sebelumnya saya yang pegang. Sejak pindah ke Bintaro, saya sudah tidak pegang,’’jelasnya.

Rp 3,8 Miliar

Jaksa menanyakan harga rumah yang dimiliki Ali di Kebayoran Symphoni Blok J/03 Bintaro. Wuryanti menyebut rumah itu senilai Rp 3,8 miliar.

Dalam surat dakwaan terhadap Ali Sadli disebutkan memiliki sejumlah aset antara lain, tanah dan bangunan 240 m2 di Kebayoran Symphoni Blok J/03 Bintaro, Tangerang Selatan, atas nama Wuryanti Yustianti. Nilainya Rp 3,85 miliar.

Kemudian tanah kaveling 258 m2 di Kebayoran Symphoni Blok KM/A-19 Tangerang Selatan dengan harga Rp 3,9 miliar atas nama Wuryanti Yustianti. Mercedes-Benz tipe C 250 AT (W205) CKD dengan harga Rp 879 juta atas nama Wuryanti Yustianti.

Toyota Fortuner VRZ 2016 dengan harga Rp 494 juta atas nama M Al Amin Mustofa. Jeep Wrangler Rubicon empat pintu dengan cara over credit dari Rasli Syahrir Rp 150 juta sehingga mobil seharga Rp 416,97 juta.

Honda CR-V dengan harga Rp 481,5 juta atas nama Cholid Fajar. Mercedes-Benz tipe A 44 AMG AT (W176) CBU dengan harga Rp 990 juta atas nama Afif Fadhil (anak Ali Sadli). Toyota Alphard Vellfire dengan harga Rp 700 juta melalui auditor BPK Choirul Anam yang dibayar secara bertahap selama 4 kali.

BMW Premium Selection M2 Coupe dengan harga Rp 1,3 miliar atas nama PT ABP Nusantara yang dibayar secara bertahap enam kali. Honda Odyssey Rp 700 juta yang kemudian diberikan kepada atasannya, Rochmadi Saptogiri, atas nama Andhika Ariyanto yang dibayar secara bertahap selama 6 kali.(D3-50)

Berita Lainnya


SMCETAK TERKINI