03 Januari 2018 | Hello Kampus

Memperkuat Kiprah Non-Akademik Mahasiswa

UNIVERSITASTerbuka tidak hanya melayani mahasiswa yang berhasil dalam bidang akademik namun juga mendukung usaha civitas akademika dalam berkesenian. Untuk mengarahkan peserta perkuliahan dalam persoalan prestasi nonakademik, dibentuklah Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Mustika. ”Mahasiswa juga harus mengasah kompetensi nonakademik. Kami menyediakan ruang untuk itu. Salah satunya melalui keberadaan PSM Gita Mustika,” tutur Kepala UPBJJ Semarang Dr Suparti MPd didampingi Kasubag TU BambangYulianto ST MT, belum lama ini.

Dia menjelaskan, tidak beda dari kiprah PSM di kampus lain,Gita Mustika juga hendak berkontribusi membawa nama harum kampus. Mereka dipersiapkan tampil di berbagai ajang perlombaan tingkat regional maupun nasional. Agar tidak ketinggalan, mereka juga diharapkan bisa tampil di kancah internasional. PSM Gita Mustika didorong ikut berbagai festival bergengsi yang melombakan lagu kategori utama. Mulai dari Mixed Choirs Adults, Equal Voices Choirs Adults, Mixed Youth Choir, Chamber Choirs, dan Children Choirs. ”Aktif di berbagai kegiatan semacam ini bisa melatih ekspresi diri mahasiswa. Tak hanya tentang bagaimana bernyanyi dengan baik. Tapi juga membangun kekompakan dengan penyanyi lain,” imbuhnya.

Melalui PSM ini juga bisa memperkokoh pertemanan. Mereka juga diajak berlatih kepemimpinan dan penghargaan terhadap diri sendiri. Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah membangun karakter lebih baik. Paduan suara juga melatih bekerja sama dengan penyanyi lain, tanpa menonjolkan individu.

Selebihnya aktif pada PSM ternyata berkorelasi dengan mengasah kemampuan akademik. Pasalnya dalam beberapa riset, musik ternyata meningkatkan kinerja otak. Musik sekaligus dapat membantu memudahkan belajar ilmu pengetahuan dan bahasa.(23)

Berita Lainnya