03 Januari 2018 | Hello Kampus

Mandiri melalui Teknologi Informasi

ZENITA KURNIASARIseakan masih belum percaya kalau sekarang menyandang gelar kesarjanaan Magister Manajemen. Pasalnya, sistem pembelajaran model tutorial dan online yang ditekuninya di Universitas Terbuka telah menjembatani pencapaian jenjang S-2, tepat waktu. Itu pun diraihnya di sela-sela kesibukannya bekerja dari pagi hingga sore hari. ”IPK saya bahkan mencapai angka 3,93. Saya tentu sangat bersyukur bisa menyelesaikan studi tanpa meninggalkan pekerjaan,” tutur dia di sela-sela kegiatan Upacara Penyerahan Ijazah Periode III Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Semarang di Auditorium Soedarto Undip.

Pada kesempatan itu, Zenita juga dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dengan predikat kelulusan menerima pujian (cumlaude). Diakuinya kampus itu menyediakan aplikasi kuliah yang bisa diunduh di telepon seluler (ponsel) android. Mulai bahan ajar digital interaktif, akses perpustakaan digital, daftar ujian, hingga komunikasi antarsiswa. Saat ini juga sedang dikembangkan ujian online berbasis internet dengan pengawasan online. ”Keunggulan UT dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang menonjol adalah adanya fasilitas tutorial online.

Dengan kata lain, mahasiswa juga dipandu oleh tutor online (tuton) yang memberikan materi kuliah dan tugas secara online dengan jeda waktu tertentu. Dalam konteks ini, mahasiswa harus mengetahui jadwal kuliah dan ujian akhir semester terlebih dahulu,” imbuhnya.

Belajar Mandiri

Syarat untuk berhasil menempuh pendidikan di Universitas Terbuka adalah kemandirian. Cara belajar mandiri mengharuskan mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Pengertian mandiri di sini dapat dilakukan secara kelompok maupun sendirian. Hal ini sangat memungkinkan karena Universitas Terbuka menyediakan bahan kuliah yang dibuat khusus untuk dipelajari secara mandiri.

Kemandirian belajar di Universitas Terbuka sangat dipengaruhi oleh kapabilitas mahasiswa dalam belajar secara efisien. Untuk mendapatkan pembelajaran mandiri dan efisien, mahasiswa Universitas Terbuka dituntut untuk memiliki kedisiplinan tinggi, kreatif, dinamis, inisiatif, inovatif dan motivasi belajar membara.

Tentunya diiringi dengan kemampuan membagi waktu. Mahasiswa juga dimanjakan dengan perpustakaan digital, tutorial online, radio dan televisi, audio video dan berbagai bahan ajar lain yang mudah digunakan, berkualitas dan murah. Bagi yang tinggal di daerah terpencil atau jauh dari perkotaan, mahasiswa dapat meminta bantuan tutorial melalui Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.(23)

Berita Lainnya


SMCETAK TERKINI