image

Foto: Sebastien Bozon / AFP

14 Februari 2018 | 09:30 WIB | Liga Champions-Europa

Menang Telak, Man City Sebuah Ukir Rekor

BASEL, suaramerdeka.com- Kemenangan telak Manchester City atas Basel membawa mereka mengukir sebuah rekor baru. Kemenangan City ini merupakan kemenangan tandang terbesar yang didapat klub Inggris di fase knockout Liga Champions.

Sebelumnya, rekor kemenangan itu dipegang Liverpool saat menang 3-0 di markas PSV Eindhoven di perempat final musim 2006/2007. Dalam laga di St. Jakob Park, Rabu (14/2) dini hari, City menang berkat dwigol Ilkay Guendogan serta gol dari Bernardo Silva dan Sergio Aguero.

Selain mengantarkan The Citizens ke ambang kelolosan ke perempat final, kemenangan telak itu juga membuat jumlah kemenangan City musim ini juga sudah melampaui musim lalu. Ini adalah kemenangan ke-34 City dalam 41 pertandingan yang mereka lalui pada musim ini. Jumlah tersebut sudah lebih banyak daripada total kemenangan City di sepanjang musim lalu. Tim besutan Pep Guardiola itu cuma menang 33 kali dalam 56 laga di musim 2016/2017.

Tercatat, City meraih 16 kemenangan dalam 21 pertandingan tandang di semua kompetisi musim ini. Jumlah tersebut setara dengan milik Paris Saint-Germain dan merupakan yang terbanyak di lima liga teratas Eropa.

Sebuah catatan impresif juga dibuat Aguero yang sudah mengemas 14 gol dalam 11 pertandingan pada tahun 2018. Jumlah gol penyerang Argentina itu pada tahun ini adalah yang terbanyak di antara semua pemain di lima liga top Eropa.

Sementara itu, satu assist pada laga melawan Basel membuat Kevin De Bruyne mengoleksi total 19 assist di semua kompetisi musim ini. Jumlah assist gelandang asal Belgia itu adalah yang terbanyak di antara pemain-pemain Premier League.

 

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )