image

Foto: New York Times

13 Januari 2018 | 04:25 WIB | Dunia

Ada Malfungsi, Prancis Hentikan Pemakaian Teknologi Garis Gawang

PARIS, suaramerdeka.com- Lantaran tak berfungsi seperti seharusnya, Prancis menghentikan pemakaian teknologi garis gawang di tiga kompetisi domestik mereka. Teknologi ini diputuskan Otoritas Liga Prancis (LFP) tak akan dipakai di kompetisi Ligue 1, Piala Prancis, dan Piala Liga Prancis hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Adanya malfungsi dalam sistem GoalControl dalam dua kesempatan berbeda menjadi landasan pengambilan keputusan tersebut. GoalControl adalah perusahaan yang menyediakan teknologi garis gawang di Prancis. Bulan lalu, GoalControl sudah mendapat peringatan dari LFP, yang mengancam akan memutus kontrak kalau ada masalah lagi terkait teknologi garis gawang.

Pada akhirnya masalah kembali muncul pada dua Piala Liga Prancis pada Kamis (11/1) dinihari WIB. Pada laga Amiens vs Paris Saint-Germain, teknologi garis gawang tak membuat jam tangan wasit bergetar dan akhirnya gol diberikan oleh asisten video. Sementara pada laga Angers vs Montpellier, teknologi garis gawang menyebabkan jam tangan wasit bergetar pada momen yang salah.

Sistem yang dibangun GoalControl membuat jam tangan wasit bergetar ketika bola melewati garis gawang. "Dua penyimpangan ini tak bisa diterima, terutama karena itu terjadi tak lama setelah kami memperingatkan GoalControl," jelas Direktur Umum LFP, Didier Quillot, di AFP.

Kompetisi lain di Eropa yang saat ini memakai teknologi garis gawang adalah Premier League, Bundesliga, Eredivisie, dan Serie A. Tapi, keempat kompetisi itu memakai perusahaan yang berbeda, Hawk-Eye.

 

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )