image

Uskup Agung Semarang MGR Robertus Rubiyatmoko melakukan pemberkatan terhadap patung Yesus yang semakin mempercantik gedung Gereja Santo Ignasius Paroki Krapyak, Minggu (18/3). (SM/dok)

19 Maret 2018 | 02:27 WIB | Semarang Metro

Uskup Agung Resmikan Patung Yesus 3,8 Meter

  • Dicatat Rekor Leprid

SEMARANG, suaramerdeka.com -Uskup Agung Semarang MGR Robertus Rubiyatmoko meresmikan patung Yesus setengah badan setinggi 3,8 meter dengan lebarnya 2,6 meter di Gereja Santo (St) Ignasius Paroki Krapyak, Minggu (18/3).

Patung karya seniman asal Yogyakarta, Warto ini dibuat dari bahan fiber dengan memakan waktu selama sekitar tiga bulan. Peresmian patung Yesus dilakukan usai misa pagi yang dihadiri ratusan jemaat gereja St Ignasius Paroki Krapyak. 

''Hari ini (kemarin- ) patut bersyukur karena Yesus sebagai gembala baik yang disimbolisasikan melalui patung (Yesus- ) ini. Bagi saya, Yesus adalah gembala yang senantiasa ngungkep umat dengan sepenuh hati dan juga tulus,'' tandas Uskup Agung yang juga memimpin misa di gereja St Igansius tersebut.

Tertulis dalam patung ialah ''Queaerereet Salvum Facere'', artinya Yesus sebagai gembala mencari dan menyelamatkan. 

Robertus didampingi Romo Gregorius Suprayitno dari Gereja St Ignasius Paroki Krapyak berharap, umat akan semakin memperkuat iman dan dekat dengan Tuhan. Di sisi lain, Romo Supra, panggilan akrab Gregorius Suprayitno mengatakan, patung Yesus itu beratnya mencapai sekitar 700 kilogram.

"Butuh 15 orang untuk bisa menaikkan patung ke lokasi seperti ini. Waktu pembuatan patungnya selesai, pengirimannya menggunakan tronton, lamanya 11 malam," ungkapnya. 

Pada sela-sela peresmian, Uskup Agung juga melakukan pemotongan tumpeng berisi jajan pasar yang kemudian diberikan ke tokoh gereja. Setelah diresmikan, patung Yesus setengah badan ini juga dicatat sebagai yang tertinggi oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

Direktur Leprid, Paulus Pangka memberikan penghargaan kepada Romo Supra selaku pemrakarsa dan Gereja St Ignasius Paroki Krapyak. ''Belum pernah ada patung Yesus setengah badan di Indonesia setinggi ini. Di Jepang ada, tingginya sembilan meter," ungkapnya. 

Paulus menegaskan, penghargaan Leprid ini adalah yang keempat kalinya. Tiga penghargaan sebelumnya ialah replika telur paskah setinggi empat meter dengan diameternya dua meter, penyalaan lilin 2017, dan mahakarya pohon natal dari 721 topi santa claus tingginya 7,21 meter.

(Royce Wijaya /SMNetwork /CN34 )