image

foto: Suaramerdeka/dok

14 Februari 2018 | 01:48 WIB | Nasional

Timnas Pelajar Ikuti Turnamen di Malaysia

JAKARTA, suaramerdeka.com -Timnas Pelajar Kemenpora U-10 bakal berpartisipasi pada turnamen Kuala Lumpur Cup 2018 di Malaysia, 3-4 Maret mendatang. Skuad ini berasal dari SSB Asiop Apacinti yang menjadi jawara festival sepak bola pelajar U-9 di Magelang, tahun lalu.

Kapten tim Ghibran Kartasasmita menuturkan, dia bersama rekan-rekannya sudah siap melakoni turnamen di Negeri Jiran pada bulan depan. Dia mengaku sudah mendapatkan pelatihan khusus dari tim pelatih sejak beberapa bulan lalu. "Teman-teman sudah siap dan mereka kompak. Kami ingin jadi juara," ujar Ghibran saat pelepasan tim di Jakarta, Selasa (13/2).

Sebelum mengikuti turnamen, timnya yang terdiri atas 12 pemain sudah digembleng melalui berbagai uji coba di Jakarta dan sekitarnya. Hasilnya memuaskan setelah mereka menjadi juara pada Jayakarta Cup pada bulan lalu. "Tim kami juga pernah ikut turnamen di Singapura tahun lalu. Jadi kami siap," tutur Ghibran.

Agus Gumiwang Kartasasmita, selaku orangtua pemain bakal mendukung penuh keikutsertaan timnas pelajar dalam turnamen ini. Pihaknya tak akan ikut campur mengenai masalah teknis mulai persiapan hingga kejuaraan berlangsung. "Semua percayakan pada pelatih. Kami hanya membantu hal-hal nonteknis saja," kata Agus Gumiwang yang juga anggota DPR RI dari Partai Golkar ini.

Timnas U-10 dikirim ke Negeri Jiran berkat fasilitas Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) dan Kemenpora. Ketua Blispi Subagja Suihan mengatakan, tim tersebut akan berangkat ke Malaysia sehari sebelum turnamen digelar.

Ghibran Kartasasmita dan kawan-kawan ditarget bisa melaju ke partai puncak. "Kami sepakat dengan Deputi (Kemenpora) bahwa dalam event ini targetnya masuk final. Artinya, anak-anak akan menuju jadi tim yang terbaik," kata Subagja.

Pelatih kepala Asiop Apacinti, Barry Sidik mengungkapkan rasa bahagianya setelah SSB Asiop dipercaya untuk mewakili Indonesia di ajang internasional. "Tentunya ini kebanggaan untuk kita semua. Asiop sering mengikuti turnamen di internatioal. Tapi ini yang pertama bagi Asiop dipercaya untuk mewakili timnas usia 10 tahun di event international," ungkap Barry.

Pihaknya berpesan kepada para pemain agar di turnamen Kuala lumpur cup 2018 nanti bisa menjaga nama baik Indonesia, karena di jersey yang akan dipakai nanti akan ada logo Garuda Indonesia. "Saya juga berharap agar kalian semua memberikan hasil terbaik untuk Indonesia," harapnya. 

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN34 )