image

BUKTI LAPORAN : Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banjarnegara, Nuryanto (tengah) bersama pengurus menunjukkan bukti laporan ke Polres Banjarnegara.(suaramerdeka.com/M Syarif SW)

12 Februari 2018 | 08:12 WIB | Suara Banyumas

PDIP Banjarnegara Laporkan Dugaan Ujaran Kebencian

BANJARNEGARA,suaramerdeka.com- DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banjarnegara melalui sekretarisnya, Nuryanto, melaporkan seorang warga karena unggahan video di sebuah grup Whatshap (WA) yang dinilai provokatif serta berisi ujaran kebencian terhadap PDI Perjuangan. Laporan ke Polres Banjarnegara itu dilakukan Minggu (11/2) siang yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan hingga sore hari.

"Awalnya pada Sabtu (10/2) saya menerima laporan dari saudara Wahyu Sulistiyanto, yang mengatakan bahwa ia menerima kiriman video melalui grup WA yang dinilai bertujuan memprovokasi, ujaran kebencian dan memecah-belah PDI Perjuangan dengan umat Islam," kata Nuryanto.

Dikatakan, video tersebut covernya bergambar lambang PDI Perjuangan dan gambar lambang PKI berupa palu dan clurit serta ada tulisan 'PDIP dan PKI siap Membantai Umat Islam'. "Setelah menerima laporan tersebut kami langsung melakukan pembahasan di internal partai sehingga diputuskan untuk mencari keadilan dengan melaporkan orang tersebut ke Polres Banjarnegara. Laporan kami direspons dengan baik dan diperiksa atau dimintai keterangan hingga sore," katanya.

Unggahan tersebut menurutnya sangat merugikan dan tidak berdasar. Sebab mayoritas pengurus dan anggota PDI Perjuangan beragama Islam. Muatan dalam cover video itu dinilai mengandung unsur ujaran kebencian, memprovokasi dan hendak memecah-belah PDI Perjuangan dengan umat Islam.

''Kami berharap laporan ini ditindaklanjuti. Selain itu, kami juga mengimbau kepada semua pihak untuk bijaksana dalam menggunakan media sosial. Gunakan untuk hal yang positif, bukan fitnah, SARA apalagi untuk memecah-belah bangsa,'' imbuhnya.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia Ohei, mengatakan bahwa pihaknya memang sudah menerima laporan tersebut sejak siang dan melakukan pemeriksaan.

(M Syarif SW /SMNetwork /CN26 )