image

foto ilustrasi: istimewa

11 Januari 2018 | 23:25 WIB | Suara Muria

Pencari Pakan Ternak Tewas Tersengat Listrik

REMBANG, suaramerdeka.com– Nasib nahas harus dialami oleh Sholikin (27) warga Rt 1 Rw 1 Desa Terjan Kecamatan Kragan. Ia tewas tersengat kabel listrik PLN Rayon Rembang saat tengah mencari pakan ternak di desanya. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (11/1) sekitar pukul 07.00 WIB, di pinggir area persawahan bengkok milik Kades Terjan. Korban tewas dalam perjalanan ke Puskesmas 2 Kragan sebelum sempat mendapatkan penanganan medis.

Informasi yang dihimpun dari Mapolsek Kragan, peristiwa itu bermula saat korban yang berniat mencari pakan kambing memanjang pohon ketapang di tepi persawahan. Ketika itu, ia megambil beberapa ranting dengan cara memotongnya menggunakan sabit. Saat tengah mengambil ranting yang diopotong itu tiba-tiba korban tersengat listrik. Diduga, ujung ranting yang kulitnya terpotong itu menempel dengan kabel milik jaringan PLN Rayon Rembang yang dipasang di sisi jalan.

Kapolres Rembang melalui Kapolsek Kragan, AKP Mansyur menjelaskan, akibat tersengat listrik itu korban langsung terjatuh dari ketinggian ke tanah. Mendapati korban terjatuh, seorang warga bernama Sri Mulyani yang berada tak jauh dari lokasi langsung berteriak meminta pertolongan.

Oleh warga korban yang ketika itu kondisinya masih bernapas dengan tersengal-sengal langsung dilarikan menuju Puskesmas 2 Kragan menggunakan kendaraan roda tiga. Sayangnya, saat sampai di Puskesmas korban sudah dalam kondisi meninggal dunia. “Saat terjatuh korban masih bernafas, dan dilarikan ke Puskesmas 2 Kragan. Sayangnya nyawanya tidak tertolong. Korban menderita luka bakar pada telapak kaki dekat tumit kanan berlubang,” jelas Mansyur.

Menanggapi peristiwa itu, Direktur PLN Rayon Rembang, Sion Catur Sihono menyatakan, warga bisa melakukan rabas pohon sendiri yang berdekatan dengan jaringan listrik apabila jaraknya dirasa aman. Namun, jika meragukan, warga bisa menghubungi PLN dan petugas akan siap melakukan rabas pohon. 

(Ilyas al-Musthofa /SMNetwork /CN40 )