image

Foto: premiere.fr

14 Januari 2018 | 18:38 WIB | Selebrita

Anggun: Hari Gini Masih Komentar tentang Kewarganegaraan?

PARIS, suaramerdeka.com- Penyanyi internasional kelahiran Indonesia, Anggun Cipta Sasmi (43) lagi-lagi harus mengelus dada. Sebab, meski telah berulangkali menjelaskan alasannya pindah kewarganegaraan, masih saja ada pihak-pihak yang masih mempersoalkannya.

Seperti dikutip dari unggahan Anggun di Instagram pribadinya, @Anggun_Cipta, Minggu (14/1), ia mencuit, "Hari gini masih aja komentar ttg kewarganegaraan? Itu berita tahun 2001, kalian telat 17 tahun. Indo-Perancis so whaaaaaat?? LOL"

Unggahan Anggun ini memang bukan tanpa alasan. Sebab di tengah kesuksesannya sebagai musisi, ada saja yang masih mempermasalahkan statusnya sebagai Warga Negara Asing. Padahal penyanyi kelahiran 29 April 1974 itu tetap dikenal sebagai penyanyi Indonesia di luar negeri. Ia tetap menamai anaknya dengan "Kirana", dan mengajak sang anak bertutur dengan bahasa Indonesia.

Adapun ia memutuskan untuk pindah menjadi warga negara Perancis pada 2001 lantaran sulitnya pemerintah Indonesia memberikannya visa.

"Aku ganti kewarganegaraan karena tidak dibantu pemerintah Indonesia. Malah banyak orang Indonesia mengkritik aku. Sekarang aku sukses banyak orang bilang, 'Oh dia seperti kacang lupa kulitnya. Ganti kewarganegaraan'. Padahal, sama sekali nggak ada hubungannya dengan itu," ungkap Anggun dalam wawancara dengan PlayBoy magazine yang diunggah akun @teamanggun.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan apresiasi dari pemerintah Perancis.

"Justru aku malah dapat penghargaan (dari pemerintah Perancis-red). Karena mengangkat kultur Perancis di luar. Kebalik banget. Aku setiap kali wawancara dengan wartawan luar, mengangkat nama Indonesia. Aku bela-belain kalau ada masalah. Nah yang begitu, orang-orang nggak pernah lihat, malah bilang, 'Kok, kamu ganti warga negara sih?' Nah masalahnya yang negara Indonesia kasih ke aku apa? Kenapa selalu akunya dituntut?" bebernya lagi.

(Fadhil Nugroho Adi /SMNetwork /CN41 )

ENTERTAINMENT TERKINI