image

Foto: Istimewa

28 Desember 2017 | 16:44 WIB | Selebrita

Kaleidoskop Viral 2017: Dari Eta Terangkanlah sampai Ayu Laksmi

Sepanjang tahun 2017 ini, ada saja reaksi warganet Tanah Air yang memantik tawa. Kreativitas bangsa ini juga makin teruji mumpuni dengan hadirnya guyonan-guyonan dan parodi-parodi baru. Setidaknya ada tiga hal unik yang menjadi viral pada tahun ini. Apa sajakah itu? 

Parodi Eta Terangkanlah


Lagu milik Opick berjudul "Khusnul Khotimah" tiba-tiba menjadi geger di dunia maya. Lirik lagu tersebut diubah ke dalam nuansa Sunda dan dinyanyikan secara acapella dengan nada datar. Parodi yang dijuluki "Eta Terangkanlah" itu banyak dicover kawula muda hingga pesohor negeri. Ria Ricis misalnya, pernah melakukannya dan menjadi viral. Putri Ashanty, Arsy, bahkan ikut ketularan demam Eta Terangkanlah.

Ketika ditanya soal parodi Eta Terangkanlah, Opick mengaku biasa saja. "Aku juga lihat di Instagram. Lucu saja, tidak apa-apa. Ada juga teman-temanku yang sewot, ada fans yang sewot. Tapi tidak usah (sewot)," ujarnya. 

Begini liriknya,

Hiji dua hiji dua tilu,
Eta terangkanlah… Eta terangkanlaahhh…
Eta jiwa yang berkabut
Eta yang penuh dosa
Ampunilah… ampunilaaah…
Ampunilah zikiri dosa mas Tono

Masha Bengek


Nama Lexa Pebrianti seketika melambung setelah memeragakan goyangan yang disebutnya "Masha Bengek". Goyang yang viral di sosial media Instagram ini pun terus bermunculan di mana – mana dan diparodikan oleh banyak warganet.

Goyangan Masha Bengek ini diperagakan Lexa dengan latar musik serial kartun Masha and The Bear. Di serial tersebut, Masha sedang beradegan cegukan dan sang beruang yang merupakan sahabat Masha bersusah payah menghentikan cegukannya. Oleh Lexa, kondisi Masha yang sedang cegukan itulah yang diparodikannya dengan ekspresi yang mengundang tawa. 

Video Masha Bengek ala Lexa berhasil meraih 38 ribu likes dan 640.000 kali penayangan di Instagram pribadinya, @lexapebrianti.


Ayu Laksmi


Sosok seniman asal Bali ini mendadak namanya banyak diperbincangkan lantaran perannya sebagai ibu di film Pengabdi Setan. Tak tanggung-tanggung, Ayu berhasil meraih penghargaan dari Google untuk kategori pesohor yang namanya banyak dicari selama 2017.

Seperti diketahui, Ayu Laksmi berperan sebagai ibu di film besutan Joko Anwar itu. Film Indonesia yang merajai jumlah penonton terbanyak di tahun 2017 itu sukses mengundang ketakutan. Namun bukan warganet Indonesia namanya jika tak kreatif. Adegan Ayu Laksmi sebagai Mawarni yang mengintip dari balik jendela sukses dibuat berbagai meme. Scene saat Ayu Laksmi berbaring di kasur juga banyak diparodikan oleh warganet. Alih-alih takut, gambar-gambar itu justru mengundang tawa.

Saat dikonfirmasi mengenai kemunculan meme tersebut, Ayu justru menganggapnya positif. Ia terhibur dengan hasil kreativitas warganet Tanah Air.

(Fadhil Nugroho Adi /SMNetwork /CN41 )

ENTERTAINMENT TERKINI