image
15 Januari 2018 | 23:11 WIB | EVENT

Museum Purbakala Sangiran 'Digerebek' Ratusan Pelajar

Ekspresi - Lebih dari 120 siswa SMK Analis Kesehatan Nasional Surakarta bertandang ke Museum Purbakala Sangiran, Sragen, Jawa Tengah pada Minggu pagi (14/1). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka bentuk kunjungan budaya dari Ekstrakulikuler Pramuka.

Menurut, Uniek Martini, selaku guru sekaligus Pembina Pramuka, mengatakan bahwa Kegiatan rutin yang dibuat setiap tahunnya ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan anak-anak kepada alam dan sejarah sekaligus agar lebih mandiri.

"Jadi ini adalah kegiatan tahunan dari proker Ambalan SMK Analis Kesehatan Nasional, Surakarta. Meskipun sebenarnya kami basicnya adalah kesehatan tapi gak menutup kemungkinan belajar sejarah itu juga perlu. Hal ini juga bertujuan untuk mengenalkan anak kepada alam dan sejarah. Agar mereka lebih mandiri, dan Belajar kelola uang, belajar koordinir teman-teman," kata Uniek saat ditemui di lokasi.

Pun dipilihnya Museum Sangiran ini juga bukan tanpa alasan. Selain karena lokasinya dirasa tidak terlalu jauh dari sekolah dan harga tiket masuknya terjangkau, Museum Sangiran juga menampilkan pameran purbakala yang sangat edukatif dan ada kaitannya dengan pelajaran di sekolah.

"Pilih museum karena yang pertama jaraknya tidak terlalu jauh dari sekolah. Kemudian ada kaitan dengan pelajaran-pelajaran di sekolah. Tentang sejarah misalnya. Bahwa lingkungan itu punya makna dan sejarah," imbuhnya.

Hal ini ternyata juga mendapat respon yang positif dari warga SMK Analis Kesehatan, khususnya kelas 10 sebagai pesertanya. Nadia Tsabitah (15), mengaku senang dan sangat menikmati perjalanan selama di dalam museum. Mengingat disini juga terdapat lebih dari 10 ribu fosil purbakala ratusan ribu tahun lalu yang turut di pamerkan.

"Seneng banget kak. Dulu sebenernya SMP pernah outing disini (museum Sangiran, red). Lihat ini itu, malah jadi tahu gimana kehidupan jaman dulu. Tadi sempet liat film juga tentang terbentuknya bumi. Cukup bagus juga sih. Sangat penting juga apalagi buat kelas 10 yang mana ada mata pelajaran sejarah manusia purba," papar siswi jurusan Teknologi Laboratorium Medik.

Nadia pun juga menyarankan untuk anak sekolah khususnya mereka yang masih SMP perlu banget mampir ke Museum Sangiran, karena disini menyediakan berbagai informasi mengenai kehidupan purbakala yang cukup lengkap. Pas banget untuk dicatat dan dipelajari juga mengingat di kelas 10 SMA juga akan mendapatkan mata pelajaran tersebut.

Museum Purbakala Sangiran adalah museumarkeologiyang terletak diKalijambe,Kabupaten Sragen,Jawa Tengah,Indonesia. Museum ini berdekatan dengan area situs fosil purbakala Sangiran yang merupakan salah satuSitus Warisan Dunia UNESCO. Ada total 13.809 fosil yang di pamerkan di Museum Sangiran.

Text: Imam Supriono

(Imam Supriono /SMNetwork )