Home   Budaya   Wisata   Kampus   Politik   Kuliner   Agama   Berita   Tips   Pewarta   

Agrowisata di Pasar Bandungan PDF Cetak E-mail
Penilaian Pembaca: / 19
BurukTerbaik 
Ditulis Oleh dila   
06-12-2008,

 Ya, jika warga Jakarta dan sekitarnya memiliki Puncak untuk berlibur, warga Semarang memiliki Bandungan. Hingga kini, Bandungan menjadi salah satu objek wisata unggulan Jawa Tengah. Meskipun tidak ada objek khusus yang dikunjungi, seperti banguan kuno, danau, gua, taman bermain, ataupun yang lainnya, Bandungan tetap menarik. Daya tarik utamanya terletak pada iklimnya yang sejuk dan suasananya yang menyenangkan.
 
Setiap akhir pekan, ratusan wisatawan, terutama wisatawan domestik berbondong-bondong mengunjungi daerah ini. Tak heran, puluhan hotel dan wisma penginapan yang tersedia pun dipenuhi pengunjung.

Jika kita berkesempatan mengunjungi tempat ini, tak ada salahnya mengunjungi Pasar Bandungan. Di pasar ini, kita dapat menemukan aneka sayur mayur dan buah-buahan seperti alpukat, jagung manis, ubi madu, salak, pisang ambon, kol, buncis, tomat, seledri, selada, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Juga, buah khas Bandungan, kelengkeng. Sayur dan buah yang dijual di sini sangat terjamin kesegarannya, karena kebanyakan baru dipetik dari kebun petani di sekitar kawasan itu. Ada pula yang didatangkan dari Kopeng, Ambarawa, dan Wonosobo.

Pasar Bandungan berbentuk pasar tradisional. Artinya, para pengunjung yang ingin berbelanja dapat berinteraksi langsung dengan para pedagang. Pengunjung boleh memilih, menawar, mencicipi, sebelum memutuskan membeli. Tak seperti pasar swalayan yang membatasi komunikasi penjual dan pembeli. Takut kotor? Jangan khawatir, pasar ini cukup bersih. Lantai pasar telah di-paving sehingga tidak becek saat hujan turun.

Pengunjung pasar ini kebanyakan para wisatawan yang sedang berlibur. Jadi jangan heran, jika melihat wanita berpakaian nyentrik sedang menawar jagung manis. Jangan pula terkejut jika harga sayuran dan buah di sini agak sedikit mahal, karena pembelinya memang berasal dari kalangan berpunya. Kalau ingin yang lebih murah, lebih baik berbelanja di pasar induk yang terletak tidak begitu jauh dari tempat ini. Hanya saja, untuk berbelanja di pasar induk, harus dalam jumlah besar alias grosiran.

Bagi yang menyukai tanaman hias, dapat pula membelinya di sepanjang trotoar tak jauh dari kompleks pasar.

Kelengkeng Bandungan
Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Bandungan tanpa membeli kelengkeng sebagai buah tangan. Kelengkeng Bandungan, memang telah masyhur sebagai oleh-oleh khas daerah ini. Tak hanya di pasar, buah berbentuk bulat dengan kulit kuning kecoklatan ini telah banyak dijumpai di sepanjang jalan menuju Bandungan.

Buah kelengkeng seakan tak mengenal musim. Kapanpun berkunjung ke Bandungan, kita akan selalu menemukan buah ini. Kalaupun sedang tidak musim panen kelengkeng, buah kelengkeng impor dari Thailand akan mengisi kekosongan stok buah. Uniknya, meski impor, buah itu tetap dilabeli Kelengkeng Bandungan.

Jika sedang musim panen, kita akan mendapatkan buah kelengkeng lokal dengan harga sangat murah, hanya 5 ribu rupiah perkilogramnya. Padahal pada hari-hari biasa, kelengkeng impor dijual dengan harga 15-20 ribu rupiah perkilogram.

Kawasan agrowisata Bandungan relatif mudah dijangkau. Ada banyak angkutan umum melewati daerah ini. Dari terminal Terboyo Semarang, kita dapat langsung menuju tempat ini dengan menumpang bus jurusan Semarang-Bandungan.

Views: 12965

Komentar (20)
RSS comments
1. 02-09-2010 21:19, 21:19
alternatif
sy yg biasa mudik dr semarang ke banjar biasa lewat bandungan, selain menyingkat waktu dan jarak tempu, disana jalanya enak ga ramai..., iklim yang dingin di sekitar bandungan membuat sya ga kepanasan karena sejatinya saya tak tahan dengan hawa panas..., 
sebagai jalur alternatif dari temanggung - semarang mungkin bandungan menjadi salah satu pilihan kita. :grin
Guest
zhoim
2. 21-06-2010 06:42, 06:42
agro wisata bandungan
:)  
untuk beristirahat atau berlibur cocok sekali terutama yang punya waktu 2 hari saja...
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
3. 03-06-2010 16:40, 16:40
kelengkeng impor
saya ingin tahu, yg dimaksud kelengkeng impor itu di impor dari mana. maksudnya impor dari luar daerah atau luar negeri. :?
Registered
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
4. 09-08-2009 15:32, 15:32
alamat wisata bandungan semarang
saya putra,besok rencana ingin sekali ke wisata bandungan semarang,tapi aku ndak tau jalan menuju kesana ada yang tau alamat lengkapnya gak?aku dari jogjakarta tolong ya...
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
5. 07-03-2009 11:07, 11:07
bandungan sejuk
bandungan hawanya sejuk dengan objekwisata yang bagus khususnya umbul sidomukti. i.love.bandungan
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
6. 27-02-2009 14:38, 14:38
info hotel buat outbond
Buat Mas Makhsun Makky, Hotel Azaya - RAWA PENING Bandungan sering buat outbond, ada lapangan, kolam renang dan kalo belum punya trainer outbondnya, mereka bisa carikan kok.  
Kuda yang bisa disewa sering lewat depan hotel. Alamatnya di  
Desa Kenteng, Bandungan. Kalo nggak salah telephonnya : 0298-711134
Guest
7. 27-02-2009 08:39, 08:39
Hotel di Bandungan
Mohon Bantuan pada sampean yang tinggal di semarang dan sekitarnya...saya butuh tempat untuk pelatihan Outbound di Bandungan. Peserta sekitar 50 orang.
kami butuh hotel dan fasilitas yang ada. trus kalau kuda apakah masih ada yang disewakan di tempat tsb, tx atas bantuannya
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
8. 13-01-2009 02:04, 02:04
bandungan
waktu saya tinggal di semarang setiap minggu mesti ke bandungan.
Registered
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
9. 12-12-2008 10:05, 10:05
jangan lengah
selain sebagai tempat wisata yg menyejukkan Bandungan juga berfungsi sebagai daerah resapan air yg menyediakan sumber air dan pengendali banjir di kota-2 dibawahnya dan daerah penyangga pangan terutama sayuran di kota-2 Jateng dipantura, jadi kepada Pemda & Pemprov jgn lengah, lupa & hrs berhati-2 bahwa pembangunan fasilitas wisata secara intensif tanpa pemantauan dan analisis yg bijak berpeluang besar pada penyempitan lahan pertanian dan daerah resapan air yg muaranya berimbas pada Krisis air bersih dan bencana banjir pada kota-2 dibawahnya terutama kota Semarang juga berimbas pada ketahanan pangan dan krisis pangan terutama ketersediaan sayur dan buah dikota-2 di Jateng sebagai penunjang gizi bagi masyarakat Jateng
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
10. 08-12-2008 07:45, 07:45
sayang jalannya macet
Memang asyik kalau ke Bandungan...
diteruskan ke Gedong songo..
Lebih asyik lagi kalau jalannya lancar..
apalagi didepan pasar tradisional 
Mobil tidak ngongso.. dan 
ngeremnya nyendal-nyendal..
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


Home   Budaya   Wisata   Kampus   Politik   Kuliner   Agama   Berita   Tips   Pewarta   
©2008 SuaraWarga - Suara Merdeka CyberNews Groups
Groups
Suara Merdeka

PENCARIAN
ANGGOTA





Kata Sandi hilang?
Belum terdaftar? Daftar
TERPOPULER
TERBAIK
POLING
KOMENTAR TERBARU
apakah ini yang dinamakan cinta kadang terkadang bikin set...
selengkapnya...

untuk lamanya kuliah berapa lama ya? dan untuk biyaya masukn...
selengkapnya...

Tidak semua MLM itu haram,kita perlu mengamati dengan teliti...
selengkapnya...

Karena karyawan JNE cimone-tangerang menyempelekan komplain ...
selengkapnya...

Yang ingin diskusi tentang kebudayaan Jepang, bisa hubungi n...
selengkapnya...