Home   Budaya   Wisata   Kampus   Politik   Kuliner   Agama   Berita   Tips   Pewarta   

Indahnya Danau Buatan di BSB Semarang PDF Cetak E-mail
Penilaian Pembaca: / 28
BurukTerbaik 
Ditulis Oleh Gema Yudha   
13-02-2008,
Ya, saya menyebutnya danau buatan. Terletak di jalan Semarang-Boja, tepatnya di kompleks perumahan Bukit Semarang Baru (BSB), Ngalian. Cukup luas, di sebelahnya terdapat pepohonan karet, dengan pemandangan perbukitan. Dari informasi yang saya tahu, danau semacam kolam yang luas ini sengaja dibuat untuk menampung air dari lingkungan sekitarnya. Saya sempat berpikir, seandainya ini dikelola lebih bagus lagi, bisa dijadikan salah atu obyek wisata Kota Semarang.

Tiap hari Minggu atau akhir pekan, tempat ini ramai dikunjungi orang-orang yang sengaja mau mancing, atau rombongan keluarga maupun muda-mudi yang ingin mencari tempat yang romantis untuk berduaan.

Buat yang suka mancing, tempat ini memang bisa jadi salah satu referensi. Gratis alias tidak dipungut biaya. Ikan yang ada di danau ini sejenis ikan air tawar. Airnya tenang, hanya saja kalau lagi angin agak kencang airnya akan bergelombang. Ada tempat berteduhnya juga.

Buat yang ingin cari pemandangan lain di Semarang, tempat ini jelas cocok banget. Ini hampir satu-satunya danau yang ada di Semarang. Buat acara ngumpul bareng teman-teman juga oke banget.

Sambil menggelar tikar di tepian hutan karet, menghadap view danaung sambil obrol atau bahkan bikin diskusi pasti nggak bakal jenuh.

Perut lapar, nggak usah kuatir. Ada warung buka di tepian danau buatan itu. Malah banyak penjual siomay mangkal di sana. Cuma satu, tak ada penjual perlengkapan alat pancing. Saran saya buat yang mau sambil mancing, disarankan untuk mempersiapkan dari rumah.

Kembali ke soal usul agar tempat ini dikelola oleh pemerintah, kok setelah saya pertimbangkan lagi, sepertinya mending seperti sekarang. Alami, gratis dan jauh dari kesan komersil.

[Ed] foto akan dikirim oleh penulis menyusul.
Views: 10631

Komentar (19)
RSS comments
1. 13-03-2010 04:58, 04:58
Bagus alamnya...
utk mancing, refresing at yg mau pacaran :grin :grin :p
Guest
2. 17-09-2008 14:20, 14:20
jadi kangen rumah
iya jadi kangen rumah di jatisari BSB, sekarang kita lagi tugas di West Borneo. Ngomong-ngomong kenapa perkembangan di Mijen lambat ya, padahal khan lingkungannya bagus, seejuk lagi
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
3. 20-08-2008 22:01, 22:01
mancing di daNau bsb
aku tinggal di daerah BSB, tapi di kampoengnya-bukan di perumahan. dulu waktu aku masih krja di smg hampir setiap minggu sore jalan2 ke danau tsb. tempatnya enak kok. masih alami buanget, belon kena polusi lho.untuk santai /relax pas buanget. setiap kali aku ke danau, aku pasti bawa pancing. 'couze hobby beratku adalah mancing ikan. tapi sayang yang datang berbondong2 mancing buuuuanyak. tapi ikannya dikit sekali. susah kenanya. apa memang gak dikasih ikan ya ??? sdh sekitar 3 tahun , aku blm ke danau itu lagi, meskipun hampir setiap minggu aku pulang kampoeng. jadi kangen nec mo ke sana lagi. ehh, siapa tahu ikannya dah pada beranak. jadi tambah betah jadinya...
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
4. 17-02-2008 12:08, 12:08
BSB
Setuju untuk dikelola oleh pemkot dan kalau harus ada tarif tinggi itu wajar karena dana yang masuk juga untuk kepentingan pengelolaan.
Juga buat alternatif untuk refressing. Kebersihan adalah yang utama. kalau perlu yang buang sampah sembarangan didenda dan harus konsekwen.  
salam
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
5. 14-02-2008 23:42, 23:42
Seingatku danau itu bentuknya.......
jalan menuju kesana dari arah semarang, sebelum pom bensin BSB kekanan lurus terus, menuju perumahan yang belon jadi. nah nanti menyusuri jalan lempung. Danau memutar, bentuknya tidak oval tidak pula lingkaran sempurna, pinggirnya ada jalan sehingga motor dapat memutari danau tersebut. terdapat kebun karet di ujung barat dan tidak ada lampu penerangan, sehingga pada malam hari, tempat itu dijadikan tempat mesum favorit. bahkan ada yang bercinta diatas motor yang diparkir di pinggir danau tersebut. aku pernah bermalam di sana waktu outbond, dan ternyata, dengan mata kepala saya sendiri, banyak remaja yang bercumbu mesra di depan saya yang berjarak hanya 1 meter dari saya. Bagi yang ingin memadu kasih, Danau Buatan BSB merupakan alternatif dari Pantai Marina yang sudah terkenal xxx yang kini semakin ramai.
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
6. 13-02-2008 15:18, 15:18
Ingat yang dulu
Dulu kuliah di IAIN, yang kampusnya ga begitu jauh dengan BSB. Sesekali kita mengadakan diskusi ato sekadar kumpul-kumpul sambil gelar tikar di bawah kebun karet, menatap air danau BSB. Kalo sore rame bangeeet...
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
7. 13-02-2008 13:18, 13:18
Seandainya......
Wah.... baca artikel ini mengingatkan jaman pacaran dulu. Nggelar tikar sama pacar bikin BBQ an. Waktu dulu masih kebon karet. belon ada danaunya, yang diliat cuma pohon dan jalan raya. Seandainya dulu ada.....hmmm asyiiikk kan bakar ikan di pinggir danau sambil bersantai....
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
8. 13-02-2008 12:50, 12:50
Danau BSB..?.....boleh juga
Kebetulan saya juga penghuni BSB,....dan saya mendukung 100% agar danau di kelola oleh pihak Pemkot, tetapi dengan mengesampingkan sisi komersial (tarif tinggi) tentunya,...karena memang danau tsb sudah tertata rapi, hijau dan suejuk....
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
9. 13-02-2008 11:22, 11:22
rute ke BSB
Dari arah salatiga-simpang lima semarang-tugu muda-kali banteng-jrakah/IAIN Walisongo, ada pertigaan, belok kiri kira ke arah ngalian-boja, kira2 2km.
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
10. 13-02-2008 11:03, 11:03
danau BSB
ngomong-ngomong rutenya gimana ya kalo dari salatiga?saya tak ikutan liat donk.saya ini kuper soal wisata disemarang.maklum dech saya dinegri jiran 1 maret baru pulang kampong kan bisa ngeceng kesemarang.
Guest
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya


Home   Budaya   Wisata   Kampus   Politik   Kuliner   Agama   Berita   Tips   Pewarta   
©2008 SuaraWarga - Suara Merdeka CyberNews Groups
Groups
Suara Merdeka

PENCARIAN
ANGGOTA





Kata Sandi hilang?
Belum terdaftar? Daftar
TERPOPULER
TERBAIK
POLING
KOMENTAR TERBARU
apakah ini yang dinamakan cinta kadang terkadang bikin set...
selengkapnya...

untuk lamanya kuliah berapa lama ya? dan untuk biyaya masukn...
selengkapnya...

Tidak semua MLM itu haram,kita perlu mengamati dengan teliti...
selengkapnya...

Karena karyawan JNE cimone-tangerang menyempelekan komplain ...
selengkapnya...

Yang ingin diskusi tentang kebudayaan Jepang, bisa hubungi n...
selengkapnya...